Liverpool Lebih Pede Hadapi Everton

February 4, 2009 at 5:01 am (sepak bola)

LIVERPOOL – Untuk kali ketiga dalam rentang 16 hari, Liverpool dan Everton bentrok di lapangan hijau. Pada 19 Januari di Stadion Anfield, kedua tim berbagi skor 1-1 dalam lanjutan Premier League Inggris. Enam hari kemudian (25/1), di tempat yang sama, dua tim satu kota itu kembali bermain 1-1 pada putaran keempat Piala FA.

Hasil itulah yang memaksa Everton dan Liverpool bertarung lagi di Stadion Goodison Park dini hari nanti WIB. Karena ini adalah laga ulang (replay) putaran keempat Piala FA, tentu tidak akan lagi skor seri. Harus ada pemenang untuk menentukan tim yang lolos ke babak berikutnya.

Jika skor seri hingga waktu normal (2 x 45 menit), pertandingan akan dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu hingga adu penalti. Pemenang laga ini akan bersua dengan salah satu di antara Aston Villa atau Doncaster Rovers.

Liverpool dan Everton boleh sama-sama optimistis. Namun, modal kedua tim di laga terakhir Premier League bisa menjadi faktor pembeda. Ketika The Toffees -julukan Everton- kalah 0-1 dari Manchester United di Old Trafford (31/1), The Reds -julukan Liverpool- sukses menghancurkan Chelsea 2-0 di Anfield sehari kemudian (1/2).

Hasil tersebut membuat punggawa Liverpool lebih percaya diri. ”Everton akan menghadapi Liverpool yang jauh lebih punya nyali dan semangat,” kata Fernando Torres, bomber Liverpool, kepada IOL.

Torres adalah bintang kemenangan Liverpool atas Chelsea. Dua gol ke gawang Chelsea membangkitkan lagi spirit penyerang asal Spanyol itu setelah scoreless selama empat bulan di Premier League karena bergelut dengan cedera hamstring.

”Saya merasakan bahwa feeling gol saya telah kembali dan saya yakin bakal terus mempertahankannya,” kata penyerang berjuluk El Nino itu.

Spirit Torres makin berlipat karena Goodison Park adalah tempat yang bersahabat dengannya. Pada pertemuan lawan Everton di putaran pertama Premier League pada 27 September 2008, pemain 24 tahun tersebut mencetak dua gol kemenangan Liverpool.

”Seiring grafik penampilan tim kami, progres serupa ditunjukkan Fernando (Torres). Karena itu, saya berencana tetap memainkan’dia sebagai starter di Goodison Park,” ucap Rafael Benitez, arsitek Liverpool, sebagaimana dilansir Liverpool Echo.

Dengan skuad yang melimpah dan tidak terkendala cedera, Benitez bakal leluasa meramu komposisi pemain. Salah satu opsinya adalah kemungkinan menurunkan Ryan Babel di sektor sayap kiri untuk menggantikan Albert Riera.

Situasi berbeda dihadapi kubu Everton. Pelatih David Moyes dipaksa memainkan komposisi tim yang sama karena keterbatasan amunisi. Di lini depan, misalnya, Tim Cahill kembali menjadi tumpuan seiring krisis penyerang yang menimpa Everton.

The Toffees sejatinya telah berhasil mendapatkan striker pinjaman dari Manchester City, Joao ”Jo” Alves. Tapi, Jo tidak bisa dimainkan karena sebelumnya sudah membela City saat dikalahkan Nottingham Forest 0-3 di putaran ketiga lalu (3/1).

”Secara fisik, kami kelelahan. Tapi, secara mental kami tetap bersemangat menghadapi rival dekat kami (Liverpool, Red),” tutur Phil Jagielka, defender Everton, kepada BBC. (dns/ca)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: